February 20, 2008

Ayo kita ngeblog

Sebenarnya hari ini mood nulisku ndak ada, karena beberapa hari ini gi sibuk ngerancang bisnisan masa depan..tadi siang teman kantor nagih minta diajarin buatin blog...hehe padahal aq aja juga msh dlm proses belajar, btw sharing ilmu dapat pahala juga loh..!hmm..saya akan coba semampu saya utk berbagi ilmu..
Blog sebenarnya hampir sama dengan Website,pada mulanya Blog hanyalah sebuah tren, tapi akhirnya berkembang menjadi budaya. Budaya membuat catatan atau menulis di internet dan melihatkan ke publik adalah suatu kebanggan tersendiri bagi pemilik blog, kita bisa membuat journal harian..materi, artikel, berita, komunitas..hingga blog juga bisa dijadikan ajang buat bisnis dengan memanfaatkan goggle adsense, atau blog sebagai sarana online store.


Saya sendiri tidak tahu jelas kapan tren blog ini dimulai, pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya yang diberi nama Justin’s Home Page, yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground. Website ini yang menjadi blog pertama yang sudah mirip dengan blog yang Anda kenal saat ini.
Hingga pada tahun 1998, jumlah blog belum berkembang secara signifikan. Pembuatan blog pada saat itu memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML dan web hosting. Baru pada Agustus 1999 sebuah perusahaan di Silicon Valley, San Francisco, California, Amerika Serikat, bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar HTML, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis.

Ok sedikit sekilas sejarah mengenai Blog, sebenarnya banyak sekali media untuk ngeblog antara lain Blogspot, Multiply, Wordpress, Blog Friendster, dan masih banyak lagi. Namun itu semua tergantung selera...dalam hal ini saya menggunakan Blogger karena yg pertama kali saya kenal adalah blogger...hehehe, selain itu fitur-fitur di Blogger paling lengkap diantara lainnya dan yang utama adalah GRATIS choy..!

Pertama-tama yang kamu lakukan untuk bisa ngeblog adalah mendaftar terlebih dahulu di http://www.bloger.com, ato klik disini utk mendaftar. Langkah-langkah pendaftaran Blog adalah sebagai berikut:
1. Masuk Web Browser(Opera,Internet Explorer,Mozilla Firefox atau lainnya) kemudian ketik www.blgger.com
2. Klik tombol "Ciptakan Blog Anda"
3. Setelah mengklik tombol tersebut isikan alamat email, kemudian password dengan panjang 8 karakter, ketik ulang passord
4. Ketik nama untuk Login ke Blogger.com contoh "Aan Wahyu"
5. Ketik Verifikasi kata
6. Centang tulisan "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" dan klik tombol "lanjutkan"
7. Ketik Judul Blog, misal " My Blog"
8. Buat Blog url, http:// namablogmu.blogspot.com, misal "http:// aanwahyu.blogspot.com
9. Klik tombol "lanjutkan"
10. Pilih template
11. Your blog has been created..selamat mencoba.

Untuk lebih jelasnya silahkan download tutorialnya disini

Seja o primeiro a comentar

Followers

Recent Comments

  ©AanWahyu.blogspot.com. Template by Dicas Blogger.

TOPO